Female Daily ~ Startup Sukses yang Berawal dari Hobi Blogging

Home » » Female Daily ~ Startup Sukses yang Berawal dari Hobi Blogging
Female Daily ~ Startup Sukses yang Berawal dari Hobi Blogging

Pertumbuhan pengguna teknologi internet yang terus meningkat membuat banyak blogger ingin memiliki startup sendiri yang sukses. Banyak blogger sukses mengelola blog yang sesuai minat mereka dan bisa menghasilkan uang secara terus menerus dari kegiatan blogging yang mereka lakukan.

Namun tentunya tak semua blogger mampu mencapai kesuksesan yang mereka inginkan. Kuncinya adalah kita harus melakukan sesuatu yang memang sesuai dengan hobi dan minat, dengan begitu kesuksesan dan peluang emas perlahan tapi pasti akan mulai menghampiri. Prinsip inilah yang mengantarkan kesuksesan sebuah #startup bernama Female Daily (FemaleDaily.com).


Awal Berdirinya Female Daily

Female Daily awalnya adalah sebuah blog pribadi yang berisi beragam konten fashion dan kecantikan yang dikelola oleh seorang wanita bernama Hanifa Ambadar pada tahun 2005. Hampir setahun kemudian, Hanifa sempat menemukan blog Affi Assegaf yang saat itu bekerja di sebuah perusahaan kosmetik terkenal.

Usut punya usut, ternyata Affi adalah kakak kelas Hanifa sewaktu di bangku SMA. Setelah berkenalan dan saling mengenal satu sama lain, akhirnya pada tahun 2007 Affi memutuskan untuk bergabung bersama Hanifa untuk bersama-sama mengembangkan blog Female Daily.

Artikel lain: Kisah Dibalik Kesuksesan Startup Tiket.com

Kala itu kedua sahabat ini sudah mulai mengamati potensi pengembangan blog pribadi menjadi salah satu media online yang sangat berpengaruh terhadap penyebaran informasi fashion dan kecantikan seperti yang berbagai blog fashion terkenal di luar negeri. Hanifa dan Affi yang saat itu mulai mengembangkan Female Daily secara paruh waktu di sela-sela kesibukan kerja sebagai karyawan akhirnya mulai mendapat penghasilan dari iklan serta sejumlah kerjasama dengan klien.

Pada tahun 2009, Hanifa dan Affi memutuskan untuk mengembangkan konsep Female Daily sehingga tak hanya membahas tentang kecantikan dan fashion, namun juga membahas tema seputar dunia wanita lainnya seperti parenting, tema keluarga dan shopping.


Strategi Bisnis yang Diterapkan Female Daily

Untuk mewujudkan visi“To be the company that best understand women, empower women and connet women to each other”, Female Daily memiliki 5 strategi bisnis yang membuat Female Daily berkembang pesat dan mampu mendulang kesuksesan sebagai media online.

1. Mulailah dengan passion

Passion adalah salah satu hal paling penting yang mengantarkan Hanifa dan Affi untuk mengembangkan Female Daily. Passion di bidang menulis akan membuat anda merasa bersemangat dan mampu menyampaikan ide-ide anda secara lebih komunikatif.

2. Gaya penulisan yang real dan mudah dimengerti

Female Daily sangat memahami bahwa pembaca adalah aset utama yang menunjang kesuksesan media online. Hal inilah yang membuat Female Daily selalu berusaha membuat gaya penulisan yang ringan dan santai dari sudut pandang pembaca. Gaya penulisan yang berasal dari pengalaman pribadi juga mampu membuat para pembaca merasa lebih akrab dan tertarik untuk mengikuti setiap tulisan-tulisan di Female Daily.

Artikel lain: Jomblo.com ~ Startup Bisnis Yang Unik Khusus Kaum Jomblo

3. Kualitas konten visual

Saat ini perkembangan media online tak hanya membutuhkan konten tulisan yang bermanfaat dan mampu menarik pembaca. Konten visual yang menarik dan eye catching biasanya akan memancing para pembaca untuk mengikuti tulisan-tulisan di media online. Jadi, agar tulisan anda bisa menarik banyak pembaca, penggunaan ilustrasi gambar dan video yang berkualitas sangat dibutuhkan sebagai pelengkap konten tulisan.

4. Pentingnya fasilitas untuk mewadahi kontribusi pembaca

Pembaca tentu akan merasa senang dan dihargai bila anda menyediakan fasilitas istimewa yang membuat para pembaca dapat memberikan kontribusi atau menjalin komunikasi dengan pembaca lainnya. Hal inilah yang mendorong Female Daily untuk menyediakan fasilitas berupa “Review Female Daily” dimana pembaca dapat berkontribusi untuk menyampaikan review mengenai karakteristik kosmetik sesuai jenis kulit, usia, warna kulit atau indikator lainnya. Selain itu ada pula Forum Female Daily yang yang menjadi wadah berbagi informasi antar pembaca seputar tema kecantikan, fashion dan tema-tema lainnya.

5. Komunitas online dan offline yang interaktif

Membangun komunitas yang hangat dan komunikatif juga menjadi kunci keberhasilan Female Daily. Hingga saat ini Female Daily memiliki 150.000 pengguna terdaftar yang saling aktif berbagi informasi dan pengalaman. Female Daily juga aktif mengadakan kegiatan offline untuk mempererat hubungan antara founder blog dan seluruh pembaca Female Daily.

Baca juga: Apa Itu Startup?

Setelah membaca informasi seputar startup Female Daily, Anda bisa mengambil pelajaran dan pengalaman yang dilalui oleh Female Daily hingga dapat mendulang sukses seperti sekarang ini. Jangan pernah ragu untuk menjalankan hobi dan minat anda dengan sungguh-sungguh karena kesungguhan hati akan membawa anda untuk lebih berdedikasi dan dekat dengan kesuksesan.

Back to Top


Share this article :