Plugin WordPress Terbaik Untuk Blog WP

Home » » Plugin WordPress Terbaik Untuk Blog WP
Plugin WordPress Terbaik Untuk Blog WP

Plugin WordPress Terbaik – Plugins pada WordPress menjadi salah satu kelebihan situs-situs yang menggunakan platform WP. Kita dapat menambah kemampuan dan juga fungsi pada sebuah situs WP dengan menginstal beberapa plugins, baik itu plugins untuk membantu SEO situs, plugins untuk mempercantik situs, dan lain-lain.

Tersedianya berbagai plugin pada WordPress kadang membuat beberapa blogger bingung, plugin mana yang harus diinstal dan plugin mana yang berfungsi sebagai tambahan saja. Sebaiknya kita tidak menginstall plugins yang memiliki fungsi sama, selain akan menambah beban source hosting, juga akan membuat kita bingung dalam penggunaannya.

Tiap blogger atau webmaster pasti memiliki plugins favorite mereka sendiri yang biasa diinstal di situs WP mereka. Plugins terbaik yang saya maksud disini adalah plugins yang harus kita install di blog agar blog atau website yang kita buat lebih optimal baik secara SEO maupun secara fungsional.

Berikut ini adalah beberapa plugins WordPress terbaik untuk blog WP :


1. Plugins Untuk SEO (Search Engine Optimization)

  • Untuk memaksimalkan SEO sebuah blog atau website Anda harus menginstal plugin-plugin ini. Perlu diingat, kita tidak perlu menginstal semua plugins yang memiliki fungsi yang sama.
  • All In One SEO Pack, WordPress SEO by Yoast – Kedua plugins ini memiliki fungsi yang hampir sama yaitu membantu Anda dalam memasukkan judul website, kata kunci, deskripsi, sehingga membuat situs kita mudah dikenal oleh mesin pencari. Saya sendiri lebih suka menggunakan WordPress SEO by Yoast karen fiturnya jauh lengkap dibandingkan plugins All In One SEO Pack.
  • Google XML Sitemaps – Plugin ini berfungsi untuk membuat sitemap otomatis dan memetakan setiap konten dalam website sehingga konten website mudah terbaca dan terindex oleh mesin pencari.
  • SEO Friendly Images – Plugin yang dapat membantu kita untuk menambahkan ALT dan Title attributes pada setiap gambar yang kita posting. Ini dapat membantu menambah trafik dari hasil pencarian gambar di google, dan membuat setiap gambar menjadi W3C/xHTML valid.
  • W3 Total Cache, WP Super Cache – Loading web yang lama sering membuat kita kehilangan pengunjung. Dengan plugin ini kita dapat terbantu untuk mempercepat load website kita. Saya sendiri lebih memilih menggunakan plugin WP Super Cache karena lebih mudah untuk disetting hehehe.
  • WP Smush.it – Plugin ini berfungsi untuk mengecilkan ukuran gambar dalam website kita. Selain akan membantu untuk mempercepat loading website kita, plugin ini juga membantu mengurangi beban source hosting.
  • SEO ALRP – Plugin buatan mas Purwadi Kurniawan ini adalah salah satu plugin favorite saya. Selain bisa membuat internal link secara otomatis, plugin ini juga membuat tampilan related post pada tiap artikel terlihat lebih cantik hehehe.
  • CBNet Ping Optimizer – Setiap kali kita posting artikel baru atau mengedit sebuah postingan lama maka WordPress akan otomatis melakukan ping ke search engine. Tapi kalau terlalu sering melakukan ping akan membuat situs kita dianggap melakukan SPAM. Plugin ini berfungsi untuk membatasi jumlah ping ke search engine. Update, plugins ini tidak diperlukan lagi karena menurut informasi terbaru yang saya dapatkan proses pinging pada WordPress hanya dilakukan ketika posting pertama kali. Ketika konten lama diedit dan diupdate, tidak ada proses pinging, namun search engine akan tetap bisa membaca perubahan yang dilakukan pada konten yang diedit tersebut.

2. Plugins Untuk Social Media

Tidak bisa dipungkiri bahwa social media sangat penting dalam proses promosi sebuah website. Semakin kita terkenal di socia media maka semakin besar kemungkinan website kita akan dikenal oleh orang lain.

Sebaiknya kita memasang plugin untuk social media di web WordPress agar visitor bisa membantu kita dalam proses promosi itu sendiri. Bila seorang pengunjung menyukai sebuah artikel, mungkin dia ingin memberikan facebook like’ atau membagikan ke teman Facebook atau twitter. Di sini lah terjadi efek viral dari social media, sehingga membuat website kita semakin dikenal oleh orang lain. Berikut ini beberapa plugins social media yang sudah saya gunakan:

  • SEO Facebook Comments – Memasang kolom komentar Facebook di setiap akhir postingan yang kita buat. Setiap kali seseorang memberikan komentar di kolom tersebut, komentar dan link ke website kita juga ikut terkirim ke halaman facebook mereka.
  • Twitter Facebook Social Share – WordPress plugin untuk memasang tombol Twitter, Facebook, Google plus, dan social share yang lain. Kita dapat memasangnya di bagian atas atau bagian bawah setiap postingan dalam blog/ web.

3. Plugins Untuk Kontak

Plugins ini diperlukan untuk komunikasi dengan pengunjung atau seseorang yang ingin menghubungi kita melalui halaman kontak. Tidak menutup kemungkinan akan ada seseorang yang ingin berbisnis dengan kita atau ingin menyewa space untuk iklan di website kita. Untuk itu diperlukan halaman kontak yang bisa terhubung dengan email.

  • Contact Form 7 – Plugins ini sangat mudah digunakan. Kita bisa membuat halaman khusus untuk kontak dan membuat kolom untuk isian, seperti yang bisa dilihat pada halaman kontak blog ini.

4. Plugins Untuk Security

Keamanan adalah hal yang sangat krusial bagi sebuah website. Bagi mereka yang punya skill dalam hal coding, bisa mengatur keamanan dengan menambahkan script khusus ke dalam server untuk mengamankan blog WordPress mereka. Namun, yang tidak memiliki keahlian ini perlu menginstal plugins WordPress, diantaranya:

  • Wordfence Security
  • Login Lockdown
  • Bulletproof Security

5. Plugins Lainnya

Beberapa plugins favorite yang sudah terinstall di blog ini adalah:

  • Akismet – Plugin ini membantu kita untuk menahan komentar SPAM
  • WP Optimize – Untuk membantu mengoptimasi kinerja WordPress
  • WordPress Related Post – Untuk menampilkan artikel terkait secara otomatis di bawah postingan
  • Dagon Design Sitemap Generator – Membantu membuat sitemap untuk pengunjung website
  • WP Touch Pro – Plugin yang membuat website kita dalam mobile theme agar mudah digunakan oleh pemilik smartphone.
  • SEO Search Terms Tagging 2 – Plugin ini dapat membantu memperkuat SEO onpage sebuah website

Sebenarnya masih banyak plugins yang bisa digunakan untuk blog/ web WordPress kita, namun tidak perlu untuk terburu-buru menginstal plugin yang memang tidak sesuai dengan kebutuhan sebuah web karena itu hanya akan menambah beban hosting saja hehehe. Ok this is it – plugin wordpress terbaik untuk blog WP menurut versi Maxmanroe.com, bila Anda punya plugin tambahan atau pendapat yang lain, silahkan posting di bagian komentar.

Back to Top


Share this article :