Tips Memilih Domain Yang Baik Untuk Situs Anda

Home » » Tips Memilih Domain Yang Baik Untuk Situs Anda
Tips Memilih Domain Yang Baik Untuk Situs Anda

Bagi anda seorang pebisnis online ataupun seorang blogger profesional, memiliki sebuah situs dengan domain yang unik adalah sesuatu yang anda inginkan karena menjadi identitas anda dan situs anda. Banyak diskusi online yang membahas tentang bagaimana cara memilih dan membeli domain yang baik untuk sebuah situs. Tapi tunggu dulu, sebenarnya apa sih pengertian domain itu? Di bawah ini adalah pengertian domain menurut wikipedia:

"Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website."

Berikut ini adalah beberapa tips memilih domain yang baik untuk situs anda:


1. Pilih nama domain yang sesuai dengan nama anda atau bisnis anda.

  • Bila anda membuat sebuah website/ blog untuk tujuan promosi atau menjual produk/ jasa – misalnya menjual produk parfum – maka akan lebih baik jika anda memilih nama domain yang berhubungan dengan parfum. Contoh, misalnya membuat website/ blog untuk promosi atau menjual parfum original, maka sebaiknya anda memilih domain: parfumoriginal.com | jualparfumoriginal.com | parfumoriginalmurah.com | dan lain-lain. Sebaiknya anda melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum memilih nama domain, usahakan agar domain anda mengandung kata kunci bisnis anda, memiliki pencarian yang cukup banyak di search engine, dan persaingan kata kuncinya tidak terlalu sulit. Gunakan bantuan Google Adwords: Keyword Tools Google Keyword Planner untuk membantu anda menemukan keyword yang cocok untuk nama domain anda.
  • Bila anda membuat website/ blog pribadi, maka sebaiknya anda menggunakan nama anda atau nama panggilan anda sebagai domain, misalnya Maxmanroe.com.

2. Pilih nama domain yang mudah diingat – Gunakan domain yang mudah diucapkan, dimengerti, dan diingat. Ketika anda memberitahu seseorang nama domain anda secara verbal – misalnya melalui telepon – domain yang terlalu panjang atau sulit dimengerti pasti akan sulit diingat atau bahkan bisa membuat bingung orang lain.

3. Sebaiknya anda menggunakan TLD (Top Level Domain) berekstensi dot com untuk nama domain anda. TLD .com adalah eksetensi domain yang paling mudah diingat orang. Misalnya ketika ada domain dengan kata yang sama – misalnya parfum original – biasanya orang akan mencoba membuka situs berekstensi dot com terlebih dahulu. Untuk mengecek ketersediaan nama domain, anda bisa menggunakan bantuan situs ini www.domainsbot.com.

4. Jangan pernah menggunakan nama domain yang berbaru SARA atau PORN karena ini akan memberikan dampak buruk pada situs anda dan tentunya image anda sendiri. Search engine seperti google biasanya berorientasi pada kata kunci, bila domain anda mengandung kata-kata yang berbau SARA, hal ini dapat mengakibatkan situs anda diblacklist oleh search engine, yang akhirnya akan berdampak pada jumlah pengunjung situs anda.

5. Bila memungkinkan, hindari penambahan kata-kata atau karakter yang tidak perlu pada domain anda. Misalnya penggunaan tanda minus, angka, atau huruf tambahan – ini dapat mempengaruhi kekuatan SEO sebuah situs. Tapi bila memang harus terpaksa menambahkan karakter pada domain, maka sebaiknya anda menggunakan tanda minus (-).

6. Jangan membeli nama domain yang sudah menjadi merek dagang, misalnya: amazon.com, jangan pernah berpikir untuk membeli domain yang mirip dengan domain tersebut karena kemungkinan besar anda akan dituntut oleh perusahaan pemilik merek dagang.

7. Beli domain hanya dari registrant yang terpercaya dengan harga terjangkau. Salah satu registrant domain yang sering saya gunakan adalah Namecheap.com, selain harganya murah fasilitasnya juga sangat menguntungkan. Namecheap menawarkan harga domain standart sekitar $9.98 per domain per tahun – akan lebih murah lagi bila anda memiliki kupon diskon. Selain itu mereka juga memberikan fasilitas whois guard dengan gratis (hanya di tahun pertama), sedangkan pada registrant lain biasanya akan dikenakan biaya.

Baca juga: Apa Itu SEO & Apa Manfaat Search Engine Optimization Bagi Sebuah Bisnis?

Setelah membaca artikel ini, mudah-mudahan anda bisa menemukan domain yang cocok dengan blog atau website yang akan anda bangun. Bila ada masukan dan pertanyaan silahkan kirimkan komentar anda!

Back to Top


Share this article :