Ahli dan Pakar SEO di Indonesia Semakin Banyak!

Home » » Ahli dan Pakar SEO di Indonesia Semakin Banyak!
Ahli dan Pakar SEO di Indonesia Semakin Banyak!

Ternyata di Indonesia sudah semakin banyak ahli dan pakar SEO (search engine optimization). Hal ini bisa kita lihat dari semakin banyaknya layanan sekolah SEO dan internet marketing dan jasa yang menawarkan optimasi website agar masuk ke halaman utama di mesin pencari, terutama search engine Google. Tapi sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu SEO, berdasarkan defenisi yang saya baca di wikipedia SEO itu adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Sedikti tentang SEO, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum menerapkannya dalam website kita. Kita harus mengenal apa itu SEO dan apa gunanya buat bisnis online kita. Dalam optimasi di mesin pencari, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi posisi sebuah website di halaman pencarian search engine terutama Google, seperti; pemilihan keyword, faktor nama domain, hosting, onpage & off page SEO lebih lanjut, dan masih banyak lainnya. Bila kita salah dalam menerapkan strategi SEO, bukan membuat situs kita semakin baik rankingnya tapi malah akan memperburuk reputasi website kita di mata search engine, dan lebih fatalnya akan di blacklist oleh mesin pencari. Nah untuk itulah kita perlu mempelajari tentang SEO. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang SEO bisa langsung di baca melalui informasi di Wikipedia.

Ok, kembali ke topik yaitu tentang para ahli dan pakar SEO di Indonesia. Saya beberapa kali membaca profile dari beberapa ahli SEO yang saya kenal secara online, dan mereka saat ini memiliki jasa atau sekolah yang khusus tentang SEO ataupun tentang bisnis online. Beberapa nama ahli/ pakar SEO dan master di dunia online marketing yang menurut saya punya reputasi baik di dunia online adalah:

Artikel terkait: Belajar SEO Essential Dari Pakarnya di SekolahPintar


1. Anne Ahira (www.AsianBrain.com)

Anne Ahira adalah salah satu Guru internet marketer yang ada di Indonesia dan juga memiliki keahlian dalam SEO. Setau saya, dia sekarang berdomisili di Amerika Serikat dan sekali-sekali datang ke Indonesia untuk keperluan bisnis ataupun bertemu dengan keluarga dan teman-temannya di Indonesia. Di Asian Brain, Anne Ahira memberikan materi tentang internet marketing bersama beberapa mentor yang juga memiliki keahlian dan reputasi yang luar biasa dalam dunia marketing online.

Saya sendiri pernah belajar di Asian Brain pada tahun 2009 (hanya satu tahun). Dan menurut saya, materi pelajaran tentang internet marketing dan SEO yang ada di Asian Brain sangat bagus dan disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti walaupun Anda seorang pemula. Dari Asian Brain lah pertamakali saya belajar membuat blog, membangun network, menjual secara online, SEO, dan lain-lain. Jika Anda ingin sekali mengembangkan kemampuan dalam dunia online marketing dan SEO maka Anda harus mempertimbangkan untuk belajar Asian Brain.

2. Bramantya Farid (www.SEOAcademy.co)

Bramantya Farid sangat fokus pada dunia SEO, hal ini bisa kita lihat dari sekolah SEO yang sudah dia bangun. Saya tidak bisa menjelaskan secara detail tentang master yang satu ini karena saya memang tidak belajar di sekolah SEO yang dia kelola. Namun ada beberapa hal yang saya ketahui tentang beliau, yaitu; Bram pernah pernah belajar tentang Internet Marketing di Asian Brain, website Bram pernah menjadi No. 1 dalam sebuah kontes SEO yang diselenggarakan secara Internasional. Jadi menurut saya, kita tidak perlu meragukan keahlian SEO yang dimiliki manusia yang satu ini hehehe.

3. Yasirli Amri (www.SekolahPengusaha.co)

Saya mengenal sosok Yasirli dari forum Ads-Id.com (Indonesian publiher) yaitu sebuah forum yang fokus membahas tentang bisnis online ataupun bisnis go online secara general. Saya sudah melihat beberapa keahlian Yasirli di dalam strategi SEO nya, ada beberapa yang saya paham dan mampu saya lakukan sendiri namun ada beberapa lainnya yang saya tidak mengerti karena memang ilmu itu masih tersimpan dan belum saya pelajari lebih jauh. Yasirli saat ini memiliki perusahaan yang bergerak dibidang jasa SEO dimana orang bisa menyewa jasanya untuk mengoptimalkan sebuah website.

4. Argun (www.DewaSEO.co.id)

Sejujurnya saya tidak terlalu mengenal sosok master yang satu ini, bahkan julukannya sebagai Dewa SEO pernah membuat saya risih dan menaikkan alis – heh Dewa SEO? Pada awalnya saya tidak terlalu perduli dengan orang yg mengaku “Dewa” (dewa seo), tapi beberapa waktu belakangan ini ulasan positive yang membahas tentang dia dan tentu saja julukannya yang nyeleneh membuat saya tertarik untuk mengenal lebih jauh siapa sebenarnya sosok Argun ini. Ada banyak testimoni positive tentang ilmu SEO dan juga jasa yang di tawarkan oleh Argun. Tentu saja sosok ini tidak bisa dianggap sebelah mata karena dia memang punya reputasi baik dan sudah dibuktikan oleh banyak orang melalui jasa SEO dan jasa review yang ditawarkan oleh Argun.

5. Ricky Pratama (TrikMudahSEO.blogspot.com)

Sosok yang ke lima ini baru saja saya tambahkan karena saya memang baru menemukan dan membaca blognya beberapa waktu yang lalu. Mungkin tidak terlalu banyak internet marketer yang mengenal Ricky Pratama, atau mungkin saya aja yang kurang bergaul hahaha. Namun, jika kita membaca isi blognya, kita akan tahu kemampuan orang ini dalam hal SEO dan optimasi web/ blog di mesin pencari. Blognya memang masih menggunakan fasilitas gratis dari Blogspot, tapi isinya ‘daging’ semua lho. Dan uniknya Ricky mau berbagi kepada orang lain tentang SEO, tanpa bayaran alias Gratis. Tidak seperti beberapa internet marketer yang saya kenal, menjual ebook yang isinya ‘tidak seberapa’ dengan harga yang mahal.

Selain empat lima orang yang saya sebutkan di atas pasti masih ada banyak ahli dan pakar SEO di Indonesia yang lain, namun saya masih sedikit mengetahui informasi tentang mereka. Nah jika Anda ingin belajar lebih jauh tentang SEO atau ingin belajar tentang internet marketing maka Anda sudah tidak terlalu bingung mencari-cari lagi, saya sudah menyebutkan beberapa orang yang ahli dibidang itu. Anda punya informasi tentang para ahli & pakar SEO di Indonesia yang lain? Silahkan share melalui kolom komentar. Terimakasih sudah membaca artikel saya :)

Kutipan dari Wikipedia

Pakar atau ahli ialah seseorang yang banyak dianggap sebagai sumber tepercaya atas teknik maupun keahlian tertentu yang bakatnya untuk menilai dan memutuskan sesuatu dengan benar, baik, maupun adal sesuai dengan aturan dan status oleh sesamanya ataupun khayalak dalam bidang khusus tertentu. Lebih umumnya, seorang pakar ialah seseorang yang memiliki pengetahuan ataupun kemampuan luas dalam bidang studi tertentu.
Back to Top


Share this article :